Rabu, 04 Mei 2011

Tips Memilih Umpan Mancing di Danau


          Umpan merupakan syarat utama dalam memancing. Umpan juga sebagai penentu ikan yang akan kita dapat, dengan kata lain umpan yang kita pakai harus sesuai dengan ikan yang kita targetkan. Umpan yang baik yaitu berasal dari bahan alami yang biasa terdapat di lingkungan sekitar. Selain mudah di dapat dan harganya cukup murah, umpan alami juga sangat di sukai ikan-ikan yang hidup di danau, yang kebanyakan memiliki keadaan air yang tenang.
Beberapa umpan Alami yang biasa di gunakan para hobbys :

a.       Cacing
Cacing merupakan umpan yang umum di gunakan para hobbys . tapi alangkah baiknya di gunakan di daerah yang cukup dangkal atau di pinggiran danau. Karena ikan-ikan pinggiran sering memangsa cacing yang hayut terkena air hujan. Target untuk umpan cacing yaitu ikan pinggiran seperti gastor, gabus, Heuw dan berbagai jenis ikan pinggiran lain.

b.      Udang
Udang dapat digunakan sebagai umpan di daerah dangkal atau daerah yang dalam. Jika di gunakan di daerah yang dalam target ikan yaitu ikan yang biasanya mencari makan di dasar danau, Seperti mujair, mas, gete-gete, kahe , mujair merah dan lain lain. Umpan udang lebih sering di gunakan karena, penggunaannya yang praktis, serta udang tidak terlihat jijik, sehingga para hobbys yang tidak biasa memegang cacaing masih tetap bisa memencing.

c.       Lumut
Lumut yang di maksud adalah lumut yang jika di pegang terlihat seperti berserat. Umpan lumut tidak di sarankan, karena Lumut kurang menggugah selera makan ikan. Tapi jika beruntung tangkapan yang di peroleh biasanya berukuran besar. Target untuk umpan lumut yaitu iKan Mujair dan Ikan Mas.

d.      Serangga
Serangga dapat di gunakan sebagai umpan untuk target ikan yang hidup di permukaan. Umpan serangga digunakan dengan menaik turunkan umpan di permukaan air. Ikan yang tertarik akan menyambar umpan seranggga tersebut. Akan tetapi serangga memiliki kekurangan, yaitu  untuk tangkapan memerlukan waktu yang cukup lama. Kadang ikan yang sudah mengintai umpan, lari akibat gangguan ikan lain. Tapi umpan serangga cukup ampuh menaklukan ikan predator yang berukuran cukup besar, seperti ikan gastor dan ikan gabus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar